PERESMIAN UNIT LAYANAN PASPOR (ULP) SANGATTA

Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda memiliki wilayah kerja yang sangat luas meliputi Kota Samarinda, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Timur dan Kabupaten Mahakam Ulu. Selama ini masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah tersebut yang hendak mengurus paspor harus datang ke Samarinda. Masalah yang timbul adalah pada jarak tempuh yang cukup jauh sehingga membutuhkan waktu yang lama, juga seringkali terdapat berkas persyaratan permohonan paspor yang tidak lengkap, hal ini cukup merepotkan bagi masyarakat.

ULP Sangatta 4

Kabar baik bagi masyarakat Kabupaten Kutai Timur dan sekitarnya, sekarang tidak perlu pergi jauh untuk mengurus paspor ke Samarinda, karena pada hari Rabu, 14 Desember 2016 Pukul 14.00 WITA telah diresmikan Unit Layanan Paspor (ULP), yang terletak di Jalan Wolter Mongensidi Sangatta oleh Bupati Kutai Timur Bapak ISMUNANDAR, yang didampingi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur Bapak AGUS SARYONO, Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur Bapak KAHARUDIN dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda Bapak MUJIYONO, yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bapak Bupati dan penyerahan secara simbolis paspor pertama dari Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda kepada Wakil Bupati Kutai Timur Bapak  KASMIDI BULANG.

[unitegallery ulpsangatta]

Dipilihnya Sangatta yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Kutai Timur sebagai tempat berdirinya Unit Layanan Paspor (ULP) dikarenakan letaknya yang strategis berdekatan dengan Kota Bontang, sehingga warga Bontang juga dapat membuat paspor di Sangatta dengan jarak yang cukup dekat.

ULP Sangatta hanya memberikan pelayanan paspor untuk ;

  • Permohonan paspor baru,
  • Penggantian paspor karena habis masa berlaku,
  • Penggantian paspor karena halaman penuh, dan
  • Penambahan nama pada paspor lama untuk tujuan Haji dan Umroh.

Untuk penggantian paspor yang bermasalah seperti paspor hilang dan paspor rusak tidak bisa dilakukan di ULP Sangatta tetap harus dilakukan di Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda karena memerlukan proses Berita Acara Pemeriksaan (BAP) terlebih dahulu.

Dengan adanya ULP Sangatta diharapkan dapat mengatasi masalah mengenai jarak tempuh bagi masyarakat Kutai Timur dan sekitarnya juga Kota Bontang yang ingin mengurus paspor.

Redaksi Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda

9 thoughts on “PERESMIAN UNIT LAYANAN PASPOR (ULP) SANGATTA”

  1. Selamat pagi,
    Bagaimana caranya saya daftar online untuk antrian pembuatan paspor di ULP sangatta? ULP sangatta tidak ada di list Kanim website dirjen imigrasi.
    Terimas kasih

    1. Apalagi menggunakan antrian melalui website silakan ketikkan “Sangatta” pada kolom pencarian kanim kak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.