PEMBUATAN PASPOR BARU

PERSYARATAN

  1. Bukti domisili (Asli dan Fotokopi (Ukuran A4))
    • Kartu Tanda Penduduk Elektronik (*wajib)
    • Surat Keterangan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik
    • Keterangan domisili dan kecamatan
    • Kartu Keluarga bagi daerah yang mengeluarkan KK (*wajib)
  2. Bukti Identitas Diri (Asli dan Fotokopi) (*minimal pilih salah satu)
    • Akta Kelahiran
    • Akte Perkawinan/ Buku Nikah
    • Ijazah
    • Surat Baptis
    • Surat keterangan lain yang dikeluarkan oleh pemerintah
  3. Surat Ganti Nama (*untuk WNI keturunan)
    • Keputusan Presidium Kabinet
    • Keputusan Kementrian Hukum dan HAM RI
    • Keputusan Pengadilan Negeri
  4. Bagi anak buah kapal
    • Permohonan dari nakhoda/agen perusahaan
    • Terdaftar dalam crew list
    • Surat Bukti Kewarganegaraan RI bagi WNI yang mendapatkan kewarganegaraan Indonesia melalui perundang undangan (Instruksi Menteri Kehakiman dan HAM RI no.M-01.hl.05,05 th 2004 Tentang pembuktian Kewarganegaraan dalam permohonan SPRI atau perjanjian lainnya).

65 thoughts on “PEMBUATAN PASPOR BARU”

  1. Apakah bisa mengajukan pembuatan paspor baru di kantor Imigrasi Samarinda bagi WNI dengan KTP dan KK dari Jawa Timur ?

    1. Bisa kak, silakan bawa semua persyaratan dengan dilengkapi surat keterangan domisili dari rt/lurah bagi pendatang

      1. I NYOMAN SUECA ADNYANA

        Paspor yang sudah lama habis masa berlakunya apakah bisa diperpanjang atau buat baru? Terima kasih

        1. Surat keterangan perekaman ktp itu sebagai pengganti e-KTP yang masih dalam proses penyelesaian oleh pihak kecamatan kak.

    2. berapa biaya utuk pengurusan paspoor, apakah kita buat untuk seluruh anggota keluarga yang 1 kk( anak +istri)

    3. Permisi, saya mau tanya. Apakah saya bisa buat pasport di kantor imigrasi Samarinda, tapi domisili saya dari Kalimantan Utara??

    1. Syaratnya e-KTP, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran/ Ijazah/ Buku Nikah beserta fotocopynya masing2 1 lembar kak

  2. Untuk bikin pasport baru apakah wajib ambil antrian online atau dapat langsung ke kantor imigrasi Samarinda…?

  3. Selamat pagi.
    Saya mau buat pasport, mau tanya apakah pembayaran saat melakukan pengajuan atau pas pasport nya sudah jadi baru bayar?

    1. Pembayaran dapat dilakukan setelah menerima pengantar pembayaran pembuatan paspor, apabila paspor belum dibayar maka paspor belum dapat dicetak.

    1. mungkin bisa dicoba lagi pada jam lain kak, apabila masih tidak bisa juga dan sudah mendesak untuk keberangkatan bisa langsung datang ke kantor dengan membawa semua persyaratan dan akan dibantu oleh petugas untuk proses pendaftarannya.

  4. Selamat Pagi, untuk pembuatan paspor baru untuk berhaji, nama di KTP, akte lahir dan ijazah semuanya berbeda. Nama yang dipakai yang mana, mohon infonya Pak sebelum pengurusan lebih lanjut ke Disdukcapil. Terima kasih.

    1. nama yang benar yang di akta lahir atau ijazah kak? gunakan nama yang benar saja sebagai dasar perbaikan data pada KTP dan Kartu keluarga di Disdukcapil.

  5. Iskandar Yasin

    dokumen asli yang saya bawa dari Jatim hanya e-KTP, sementara KK dan ijazah discan warna. ada dalam flashdisk.
    bagaimana?

  6. Aplikasi paspor online tidak dapat dibuka di ponsel saya, disitu tertulis bahwa tidak ada jaringan. Saya sudah menginstall ulang tetapi hal yang sama masih terjadi. Solusinya bagaimana ya kak? Terima kasih.

    1. Mungkin bisa dicoba dengan menggunakan jaringan internet yang lain kak, atau lewat jaringan wi-fi. Apabila masih belum bisa juga, mungkin bisa mencoba lewat laman website ini kak antrian.imigrasi.go.id.

  7. Bukti domisili (Asli dan Fotokopi)
    Kartu Tanda Penduduk Elektronik (*wajib)
    1. Surat Keterangan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik
    2. Keterangan domisili dan kecamatan
    3. Kartu Keluarga bagi daerah yang mengeluarkan KK (*wajib

    Kalau sdah eKtp, knapa harus ada surat keterangan domisili… Apa tidak cukup eKtp saja….

    1. Surat Keterangan Domisili biasanya diperlukan oleh petugas wawancara apabila e-KTP pemohon berasal dari luar wilayah kerja Kantor Imigrasi Samarinda. Yang termasuk wilayah kerja Kantor Imigrasi Samarinda adalah Kota Samarinda, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Kutai Timur dan Mahakam Ulu.

  8. Min mau tanya surat domisili itu wajib kah untuk yang tinggal di samarinda? & surat keterangan perekaman ktp itu berarti minta di kelurahan ya?

    1. Surat keterangan domisili hanya untuk pemohon dengan ktp dari luar wilayah kerja Kantor Imigrasi Samarinda kak, jadi ktp Samarinda tidak perlu. Surat keterangan perekaman ktp biasanya dikeluarkan oleh kecamatan kak.

        1. Surat keterangan perekaman ektp dikeluarkan oleh kecamatan domisili asal kak. Untuk surat keterangan domisili dikeluarkan oleh kelurahan/ kecamatan yang berada di bawah wilayah kerja kantor imigrasi samarinda, bagi pemegang ektp dari luar wilayah kerja kantor imigrasi samarinda (Samarinda, Bontang, Kukar, Kubar, Kutim & Mahulu)

  9. Dikatakan 1 pemohon dapat melakukan 5 permohonan pembuatan paspor dalam satu KK. Jadi saya membuat 2 permohonan untuk saya dan adik saya, lalu status dalam pendaftaran di aplikasi-nya saya kasih anak, itu bisa gak ya?

  10. kalau e-KTP belum keluar dan hanya menggunakan surat keterangan dalam bentuk HVS apakah bisa? terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.