PEMBUATAN PASPOR ANAK DIBAWAH UMUR

PERSYARATAN

  1. Mengisi formulir permohonan secara lengkap dengan tinta hitam dan huruf cetak.
  2. Melampirkan berkas asli & satu lembar fotocopy bukti identitas diri berupa :
    • Akta Lahir anak;
    • KTP Kedua Orang Tua digabung dalam satu halaman;
    • Kartu Keluarga;
    • Akta Perkawinan atau Buku Nikah Orang Tua;
    • Fotocopy Paspor Orang Tua yang masih berlaku;
    • Paspor RI yang lama bagi pemohon penggantian Paspor RI;
    • Melampirkan surat pernyataan tertulis dengan materai Rp 6000 dari Orang Tua;
    • Pemohon melakukan pembayaran sesuai ketentuan yang berlaku

70 thoughts on “PEMBUATAN PASPOR ANAK DIBAWAH UMUR”

    1. Apabila orang tua sudah bercerai maka bisa melampirkan Surat Pemegang Hak Asuh Anak dari pengadilan. Dan yang wajib mendampingi saat proses pengajuan paspor anak adalah orang tua pemegang hak asuh anak tersebut.
      Apabila Orang Tua tidak memiliki Paspor maka harus melengkapi keterangan penanggung jawab keberangkatan anak keluar negeri, seperti pihak sekolah atau lembaga lainnya.

      1. Saefi fatikhu surur

        Bagaimana jika anak tersebut sudah berumur diatas 12 tahun, sedangkan pada pasal 105 huruf a yang berbunyi (apabila hal terjadinya perceraian) pemeliharaan anak yang belum mumayyiz atau belum berumur 12 tahun adalah ibunya. Apa harus ngurus hak asuh anak?

  1. Bagaimana jika KK belum jadi atau sedang dalam proses kepengurusan, karena ada perubahan anggota keluarga

    1. Ditunggu selesai dulu saja Kartu Keluarganya kak, karena Kartu Keluarga merupakan persyaratan mutlak dalam pembuatan Paspor.

    1. Apabila orang tua tidak memiliki paspor, maka yang dilampirkan adalah surat keterangan penanggung jawab keberangkatan si anak ke luar negeri kak.

        1. Contohnya Apabila Anak bepergian ke luar negeri dalam rangka Kegiatan Sekolah, maka harus ada Surat dari pihak Sekolah yang menjelaskan kegiatan Anak tersebut di luar negeri dan keterangan bahwa pihak Sekolah bersedia bertanggung jawab terhadap Anak yang berangkat selama berada di luar negeri.

      1. Halo mau tanya, kalau surat materai 6000 itu dikeluarkan? jadi kita tidak perlu bikin? lalu harus ditanda tangani oleh kedua orangtua?

        1. Apakah yang dimaksud surat pernyataan orang tua saat proses permohonan paspor anak? Kalau itu maka sudah disiapkan di kantor kami suratnya, jadi hanya perlu membawa materai saja.

  2. Bagaimana jika kedua orang tua bercerai dan anak tersebut diasuh oleh kakanya sendiri (nama sudah masuk dalam KK kakanya)
    Apa kakanya bisa mewakili?

    1. pemegang hak asuhnya dari pengadilan siapa kak? pemegang hak asuh yang harus mendampingi saat proses permohonan paspor.

    1. Apabila orang tua tidak memiliki paspor, maka yang dilampirkan adalah surat keterangan penanggung jawab keberangkatan si anak ke luar negeri kak. Apabila keberangkatan ke luar negeri dalam rangka acara sekolah, maka bisa melampirkan surat yang menerangkan acara tersebut dari pihak sekolah.

  3. Hallo mao tny.kalau orang tua blm memiliki pasport,trs didak memiliki akta/buku nikah,trs si ank mau bkn paspor ap persyaratan ny, ank br umur 14thn.

    1. Apabila keterangan pada Akta Lahir Anak adalah “Anak dari seorang Ibu” maka tidak diperlukan buku nikah orang tua.

    1. Kedua Orang Tua harus ikut mendampingi kak, karena ada surat pernyataan bermaterai yang harus ditandatangani oleh kedua orang tua.

  4. Bagaimana cara membuat paspor anak 13 tahun apabila salah satu orangtuanya diluar negeri dan surat seperti ktp dan paspor dr orgtua tsb dbawa?

  5. Jika anak dibawah umur 16thn , melakukan perjalanan ke luar negeri tanpa orang tua (didampingi keluarga lainnya) bagaimana perlakuan di imigrasi bandara tks

  6. Hallo? Mau tanya? Sy dh cerai sama or luar negri selam8 th, sekarang anak umur 14 th, mau buat passpor untuk tour, kendala kt nya surat hak asuh, bisa kh, surat pernyataan bermaterai yg di ajukan, mengiklaskan hak asuh ibu nya, yg di tandatangani ayah nya di liar negri? Mohon info nya…

  7. Halo, saya mau nanya? Saya ingin membuat paspor untuk saya, suami saya dan anak-anak saya yang berumur kurang dari 2 tahun. Persyaratannya apa saja? Saya baca di atas kalau orang tua belum memiliki paspor harus ada surat keterangan penanggung jawab, tapi saya hanya untuk liburan keluarga??

  8. Selamat sore admin, untuk pembuatan paspor anak usia 15 tahun apakah kedua orang dua harus datang langsung ke kantor imigrasi langsung atau boleh salah satu? Atau bisa diwakilkan dengan surat oengantar dari sekolah saja ?

  9. Bagaimana kalau anak ini berpergian cuma untuk acara berliburan dengan kakaknya??? Dan orang tua tidak memiliki paspor

  10. Halo , saya mau tanya kalau orang tuanya tidak punya surat nikah dan sudah pisah , syarat apa saja yang di butuhkan buat bikin paspor ?
    anak ikut kk ibunya karena tinggal dengan ibu .. terimakasih

  11. Bagaimana jika Saya ingin membuat pasport anak namun suami sudah di luar negeri sehingga ktp Dan passport suami dibawa suami. Bolehkah menggunakan KTP Dan passport suami fotocopy sedangkan KTP Dan passport istri asli.

  12. Min , sy mau buat pasport anak usia 14 tahun tp ortu tak punya paspor , buat paspor tujuannya tuk umroh sama nenek ,jd surat keterangan penanggung jawab dari mana min

    1. Tidak mengapa apabila ortu belum memiliki paspor, asalkan kedua orangtua hadir menemani pada saat proses permohonan paspor. Untuk tujuan Umroh juga melampirkan surat rekomendasi dari Travel Umroh dan Kementerian Agama.

  13. Vivi tugiarti

    Assalamu’alaikum, kalau misalnya orang tua kehilangan buku nikah, karena terbakar apakah bisa mengurus tanpa buku nikah orang tua?

    1. Mungkin bisa diurus terlebih dahulu di KUA yang mengeluarkan kak, apakah ada penggantian atau yang sejenisnya.

  14. Saya mau tanya,keponakan saya (anak dari adik saya) usia 10 tahun dan dalam akta lahir nya dia adalah anak dari seorang ibu,saat ini tinggal dengan saya, karena ibu nya sedang di eropa.
    Beberapa bulan yg lalu ibu nya menikah dengan wna di eropa,tapi resepsi perkawinan nya di adakan menyusul,adik saya ingin resepsi nya di hadiri oleh anak nya dan untuk acara ini saya yang akan menemani anak nya berangkat ke eropa.
    Keponakan saya ini belum punya paspor,karena ibu nya di eropa dan setelah menikah harus tinggal di sana dalam jangka waktu tertentu maka ibu nya menyerahkan proses pembuatan paspor ke saya.
    Sebagai informasi saya dan adik saya beserta anak nya (keponakan saya) masih terdaftar dalam kk orangtua saya.
    Pertanyaan nya adalah
    1.apakah ktp dan paspor ibu nya bisa menggunakan foto copy saja karena ktp dan paspor tersebut di bawa ke eropa
    2.surat pernyataan apa saja yg di perlukan
    3.surat kuasa apa saja yang di perlukan
    Mohon informasi karena saya agak kesulitan juga menghubungi imigrasi,terima kasih.

  15. Min, mau nanya kalau untuk bikin paspor anak umur 13 th, kalau hanya diwakilkan dengan ayahnya saja bisa ga min karena akan bikin passport juga?

  16. ijin bertanya pak admin. jika ada anak saudara yang telah di titipkan ortu kandungnya pada kami namun belum ada surat penetapan dari pengadilan,sedangkan ortu kandungnya sudah tidak diketahui keberadaannya. bagaimana cara membuat paspornya

  17. Oyya admin kalau dak punya akte kelahiran gimana, yang mau buat paspor umur 15 tahun persyaratan yang ada ijazah skhu SD,KK, KTP kedua orang tua, paspor ibu,

  18. hallo admin, saya mau bertanya, saya dan anak saya mau bikin passport, apakah bisa langsung bikin bersamaan atau saya dulu yang buat ?
    lalu suami saya sedang bekerja diluar negri jadi passportnya dia tidak ada dan tidak bisa mendampingin saat buat passport anaknya, itu bagaimana ya ? tolong penjelasannya

    terimakasih

    1. Bisa langsung bersamaan kak. Apabila ayah berhalangan hadir maka bisa membuat surat kuasa kepada ibu untuk mengurus paspor.

  19. Mau tanya min,
    Klu perpanjang pasport anak usia 16th, syarat nya apa sj?
    Dan orang tua hadir hny ayah nya sj krn ibu ga bisa ninggalin ade kecil nya.
    Tks

    1. Persyaratannya sudah sesuai dengan yang ada di halaman ini kak. Apabila salah satu orang tua berhalangan untuk hadir maka bisa membuat surat kuasa kepada orang tua yang akan datang untuk melakukan proses permohonan paspor anak.

  20. bagaimana jika orang tua bercerai, tapi kartu keluarga belum di ganti, apakah bisa dengan melampirkan akte cerai, dan Kartu keluarga masih tertera nama suami, tidak akan ada masalah saat verifikasi data?

    1. halo kak… kami sarankan untuk memperbaharui data di kartu keluarganya ya…
      dan jika permohonan paspor tersebut ditujukan untuk anak dibawah umur wajib melampirkan penetapan hak asuh anak dari pengadilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.