Kegiatan Pembentukan dan Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (TIM PORA) Di Wilayah Kabupaten Kutai Timur

Dalam upaya menjalankan tugas dan fungsi keimigrasian, terutama pengawasan terhadap aktifitas Warga Negara Asing atau WNA di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda menggelar kegiatan pembentukan dan rapat  Tim Pengawasan Orang Asing (TIM PORA) untuk Wilayah Kerja Kabupaten Kutai Timur, khususnya untuk wilayah Kecamatan Muara Ancalong, Muara Wahau, Rantau Pulung, Sandaran dan Telen. Kegiatan di gelar  pada hari Selasa 27 Maret 2018 di Ruang Meranti, Gedung Perkantoran Bupati Kabupaten Kutai Timur.

 

IMG_9249
Dari Kiri ke Kanan: Bapak Khairil Anwar, Wakil Bupati Kutai Timur Bapak Kasmidi Bulang, Kepala Divisi Keimigrasian Bapak Soenaryono, Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Bapak Selamet Sutarno.

 

Hadir dalam kegiatan TIMPORA ini yaitu Wakil Bupati Kutai Timur Bapak Kasmidi Bulang S.T., M.M., Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur Bapak Soenaryono, S.H., M.H, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda yang diwakili oleh Kepala  Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Bapak Selamet Sutarno,S.H , Perwakilan unsur Pemerintahan Kabupaten Kutai Timur, BIN Kutai Timur, Para Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek), Komandan Rayon Militer (Danramil), Camat, dan Kepala Desa di Wilayah Kecamatan Muara Ancalong, Muara Wahau, Rantau Pulung, Sandaran dan Telen.

 

 

IMG_9263x
Wakil Bupati Kutai Timur Bapak Kasmidi Bulang S.T.M.M
IMG_9241x
Kepala Divisi Keimigrasian Bapak Soenaryono, S.H., M.H.

Dalam Sambutannya, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kaltim Bapak Soenaryono, S.H, M.H. menyampaikan tentang pentingnya peran dan fungsi Tim Pengawasan Orang Asing, hal ini didasari dengan meningkatnya aktifitas keluar masuknya Warga Negara Asing Ke Wilayah Indonesia,  dimana Indonesia juga ikut dalam masyarakat Ekonomi ASEAN. Senada dengan apa yang disampaikan Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kaltim Bapak Soenaryono, S.H, M.H., dalam sambutannya sekaligus secara resmi membuka acara Pembentukan dan Rapat Tim PORA,  Wakil Bupati Kutai Timur Bapak Kasmidi Bulang S.T., M.M. mengapresiasi dan menyambut baik digelarnya kegiatan Pembentukan dan Rapat Tim Pengawasan Orang Asing di Wilayah Kabupaten Kutai Timur, dengan adanya  aktifitas pengawasan terhadap Warga Negara Negara Asing oleh TIM PORA, diharapkan juga dapat  memberikan manfaat untuk menjaga kepentingan pembangunan Kabupaten Kutai Timur khususnya, dan menjaga kepentingan pembangunan Nasional pada umumnya.

 

IMG_9256
Pengukuhan Anggota Tim Pengawasan Orang Asing

 

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pengukuhan  anggota Tim Pengawsan Orang Asing (Tim PORA) tingkat kecamatan Muara Ancalong, Muara Wahau, Rantau Pulung, Sandaran dan Telen  oleh Wakil Bupati Kutai TImur Bapak Kasmidi Bulang S.T., M.M.,. Setelah pengukuhan angota TIM PORA, acara dilanjutkan dengan pemaparan Materi Oleh Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda Bapak Selamet Sutarno, S.H dan  terakhir yaitu  sesi Tanya Jawab oleh peserta Rapat.

 

IMG_9267
Wakil Bupati bersama BIN Kutai Timur, Kapolsek, Danramil, Camat dan Kepala Desa wilayah Kecamatan Muara Ancalong, Muara Wahau, Rantau Pulung, Sandaran dan Telen.

 

IMG_9284
Wakil Bupati bersama Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Kalimantan Timur dan Tim dari Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda

Dengan digelarnya kegiatan Pengukuhan dan Rapat Tim PORA untuk Wilayah Kecamatan Muara Ancalong, Muara Wahau, Rantau Pulung, Sandaran dan Telen Kabupaten Kutai Timur, diharapkan sistem  pengawasan, koordinasi dan kerja sama antar anggota Tim PORA dapat berjalan dengan baik kedepannya, tentunya dalam rangka penguatan terhadap pengawasan keberadaan dan aktifitas Warga Negara Asing di Wilayah Kabupaten Kutai Timur. (Infokimsamarinda).

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.