KANTOR IMIGRASI SAMARINDA DEPORTASI 12 WNA ASAL TIONGKOK

Samarinda, 23 Desember 2016

Operasi lapangan yang dilakukan oleh Tim Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda pada hari Kamis, 22 Desember 2016 pukul 14.00 WITA di proyek PLTU Kelurahan Handil , Kecamatan Muara Jawa Kabupaten Kutai Karta Negara, mendapati 12 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok yang bekerja di PT. INDOFUDONG Konstruksi sebanyak 10 orang dan 2 orang dari PT. XINHUO yang merupakan subkontraktor dari PT. SEPCO III. Mereka diduga sebagai TKA ilegal dikarenakan menggunakan Visa Kunjungan untuk bekerja.

[unitegallery deportasi1]

Setelah diamankan dan dibawa ke Kantor Imigrasi, kemudian dilakukan pemeriksaan terbukti bahwa mereka mengakui bekerja dan mendapatkan penghasilan diperusahaan tersebut.

Dari hasil pemeriksaan,  12 TKA tersebut dikenakan pasal 75 angka 1 dan 2 huruf a,b,d,f. Undang-Undang No.6  tahun 2011 tentang Keimigrasian dan dilakukan Pendeportasian serta diajukan pengusulan Cekal ke Direktorat Jenderal Imigrasi, sehingga WNA Tiongkok tersebut tidak dapat datang kembali ke Indonesia dalam jangka waktu tertentu.

deportasi wna tiongkok 1

Deportasi dilakukan  pada hari Sabtu, tanggal 24 Desember 2016 melaui Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju Negara asal dengan menggunakan pesawat TR.2273 pukul 20.00 WIB dan CX.798 Pukul 00.05 WIB.

Redaksi Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.