Hari Bhakti Imigrasi Ke-67, Kantor Imigrasi Samarinda

Peringatan Hari Ulang Tahun Imigrasi atau yang disebut dengan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) yang ke-67 dengan tema “Imigrasi e-gov PASTI nyata” dilaksanakan di Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda, pada tanggal 26 Januari 2017. Upacara dilaksanakan di halaman Kantor Imigrasi Samarinda. Bertindak selaku inspektur upacara adalah Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur, bapak Agus Saryono, perwira upacara adalah Kasi Statuskim Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda bapak Agus. Upacara dihadiri oleh semua pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda, pegawai Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur, tamu undangan dari UPT Kementerian Hukum dan HAM  yang ada di wilayah Kota Samarinda, para Purna Bhakti Imigrasi, serta ibu-ibu Dharma Wanita Kantor Imigrasi Samarinda.

[unitegallery hbi67]

Upacara dimulai dengan diperdengarkannya sejarah ditetapkannya ulang tahun Imigrasi dimulai saat kedaulatan masalah keimigrasian diserahterimakan dari Pemerintah Kerajaan Belanda kepada Pemerintah Republik Indonesia Serikat dengan Surat Penetapan Menteri Kehakiman Republik Indonesia Serikat Nomor CZ/30/16 tanggal 26 Januari 1950. Mr. Yusuf Adiwinata diangkat sebagai Kepala Jawatan Imigrasi yang pertama. Surat penetapan itu berlaku  surut sampai dengan tanggal penyerahan kedaulatan masalah keimigrasian, bertolak pada penyerahan kedaulatan keimigrasian dari Pemerintah Kerajaan Belanda kepada Pemerintah Republik Indonesia. Tanggal 26 Januari inilah yang kemudian diperingati sebagai hari ulang tahun imigrasi di Indonesia.

Jalannya upacara, dibacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly oleh inspektur upacara Peringatan hari jadi adalah momentum bagi kita untuk merenung dan mengevaluasi diri apa yang sudah kita kerjakan dan perbuat selama ini. Di usia 67 adalah usia “Emas” atau biasa disebut “Golden Age”. Menteri Hukum dan HAM mengatakan “Yang terpenting, Jangan sekali-kali melakukan pungutan liar dan penyalahgunaan narkoba”. “Berkali-kali saya sampaikan kepada siapapun di Jajaran Kementerian Hukum dan HAM, bagi yang terbukti melakukan Pungli dan terlibat penyalahgunaan narkoba, saya tindak tegas sesuai dengan aturan yang berlaku”.

Rangkaian acara peringatan dilaksanakan secara sederhana tetapi tidak mengurangi kekhidmatan dari tujuan kegiatan. Acara diakhiri dengan syukuran bersama berupa pemotongan tumpeng.

Redaksi Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.